• Jelajahi

    Copyright © Berita Mahulu - Berita Seputar Kabupaten Mahakam Ulu
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Sponsor

    Seru! Kunjungan Persahabatan SMP Matalibaq ke SMP Datah Bilang, Banyak Cabor Dipertandingkan

    Mikael Milang
    Jumat, 24 Februari 2023, 18.54.00 WIB Last Updated 2023-09-28T02:18:41Z


    Siswa-siswi SMP Negeri 3 Long Hubung (Matalibaq) bersiap menuju ke SMP Negeri 2 Long Hubung, (Datah Bilang) Foto: Dokumen Istimewa

    Datah Bilang, Beritamahulu.com – Saling kunjung dan berkunjung antar sekolah merupakan sebuah tradisi yang tak dapat dipisahkan disetiap sekolah, kegiatan ini memang selalu dinanti-nantikan oleh para siswa-siswi juga guru-guru. Jadi, tak heran jika kegiatan kunjungan sekolah ini merupakan kegiatan yang selalu diidam-idamkan, selain dapat meningkatkan semangat belajar juga menambah wawasan, pengalaman dan sahabat baru.


    Guru-guru, pegawai dan Siswa-siswi SMP Negeri 3 Long Hubung berkunjung ke SMP Negeri 2 Long Hubung, Datah Bilang, Kamis (23/02/2023), Foto: Dokumen Istimewa

    Seperti halnya yang dilakukan oleh sebuah sekolah yang terletak didalam anak sungai Mahakam, SMP Negeri 3 Long Hubung, Kampung Matalibaq, Mahakam Ulu, Kalimantan Timur ini melakukan kunjungan persahabatan ke sekolah tetangga, SMP Negeri 2 Long Hubung, Datah Bilang, Kamis (23/02/2023).


    Guru-guru, pegawai dan Siswa-siswi SMP Negeri 3 Long Hubung berkunjung ke SMP Negeri 2 Long Hubung, Datah Bilang, Kamis (23/02/2023), Foto: Dokumen Istimewa

    Perjalanan yang harus ditempuh menggunakan jalur sungai ini tidak menyurutkan semangat warga SMP Negeri 3 Long Hubung terkhususnya siswa-siswi untuk melakukan kunjungan. Deru mesin ketinting yang mengangkut warga sekolah yang berjumlah kurang lebih 65 orang ini melaju kencang menuju Datah Bilang.


    Menari Bersama mengelilingi lapangan SMP Negeri 2 Long Hubung, Datah Bilang saat kunjungan persahabatan dari SMP Negeri 3 Long Hubung, Matalibaq, Kamis (23/02/2023). 

    Setibanya di Datah Bilang, mereka disambut hangat oleh warga SMP Negeri 2 Long Hubung dengan tari-tarian khas Dayak Kenyah di gerbang sekolah kemudian lanjut menuju lapangan sekolah dengan menari keliling lapangan.


    Menari Bersama mengelilingi lapangan SMP Negeri 2 Long Hubung, Datah Bilang saat kunjungan persahabatan dari SMP Negeri 3 Long Hubung, Matalibaq, Kamis (23/02/2023). 

    Tak sampai disitu, penampilan pentas seni (pensi) dari masing-masing sekolah menambah riuh tepuk tangan penonton. Beberapa cabang olahraga dipertandingkan pada kegiatan kunjungan ini seperti, Catur, Bulu tangkis, Tenis meja, Bola Volley dan Futsal.


    Menari Bersama mengelilingi lapangan SMP Negeri 2 Long Hubung, Datah Bilang saat kunjungan persahabatan dari SMP Negeri 3 Long Hubung, Matalibaq, Kamis (23/02/2023). 

    Keseruan lainnya saat diliput media ini secara langsung, yakni pertandingan Futsal yang melibatkan siswa-siswi juga guru-guru memeriahkan kegiatan ini. Meski terik matahari menyengat kulit, tak menyurutkan kedua warga sekolah saling bertanding.


    Tak terkecuali, Pertandingan Futsal wanita yang dilakukan oleh kedua sekolah juga menambah keseruan kegiatan ini. Babak pertama didominasi oleh SMP Negeri 3 Long Hubung, cetak gol perdana oleh Kepala Sekolah, Emelda Wiwik Haryati, pada detik ke 10 membuat suasana pertandingan semakin seru diiringi riuh tawa kedua warga sekolah.


    Kepala SMP Negeri 3 Long Hubung, Emelda Wiwik Haryati, mencetak gol pada detik ke 10 ke gawang musuh saat bermain futsal. Foto: Dokumen Istimewa

    Pada pertandingan Futsal pria, Kepala SMP Negeri 2 Long Hubung, Jumadi Bama juga mencetak gol yang tak kalah tajam tendangan bolanya meroket menuju gawang musuh yang membuat semua orang tertawa menyaksikan pertandingan ini.


    Kepala SMP Negeri 2 Long Hubung, Jumadi Bama menendang bola meluncur ke gawang musuh. Foto: Dokumen Istimewa 

    Saat diwawancarai media ini, Jumadi Bama mengapresiasi kunjungan yang dilakukan oleh SMP Negeri 3 Long Hubung yang akrab disebut SMP Matalibaq ini, menurutnya kunjungan ini sangat berdampak positif pada masing-masing sekolah yakni dapat menjalin persahabatan.


    Jumadi Bama saat diwawancarai oleh Media ini saat acara kunjungan persahabatan dari SMP Negeri 3 Long Hubung, Kamis (23/02/2023). Foto: Dokumen Istimewa

    “Kunjungan SMP Negeri 3 Long Hubung atau SMP Matalibaq ini sangat luar biasa, kunjungan kali ini dilaksanakan dengan persahabatan dan olahraga, kegiatan-kegiatan seni termasuk cabang olahraga Futsal, Volley Ball, Catur dan Rubik,” ujar Jumadi.


    “Ini beberapa kalinya SMP Matalibaq melakukan kunjungan, tapi kali ini lumayan seru karena banyaknya kegiatan dan waktunya juga panjang ,” tambahnya.


    Kita ada program, lanjutnya, kita akan mempersiapkan dan mengadakan kunjungan balasan seperti yang disampaikan dalam sambutan kepala sekolah.


    Jumadi Bama mengharapkan dengan kunjungan seperti ini dapat terjalin persahabatan antar sekolah dan dapat menemukan bibit-bibit unggul dalam setiap cabang olahraga.


    “Harapannya dengan adanya kunjungan begini dapat menjalin persahabatan antar sekolah satu dengan sekolah yang lain dan mencari bibit-bibit siswa-siswi yang berpotensi untuk mewakili Kecamatan Long Hubung dan bisa juga mewakili Kabupaten Mahakam Ulu pada event-event, Porseni atau Kejurprov yang ada di Kaltim, yang tentunya dengan beberapa cabang olahraga yang sering dipertandingkan dalam kegiatan kunjungan seperti ini,” tutupnya.


    Selain itu, Kepala SMP Negeri 3 Long Hubung (Matalibaq), Emelda Wiwik Hayati, menyampaikan kesan dan pesannya terhadap kegiatan ini.


    Emelda Wiwik Haryati saat diwawancarai oleh Media ini saat acara kunjungan persahabatan ke SMP Negeri 2 Long Hubung, Kamis (23/02/2023). Foto: Dokumen Istimewa

    “Kesannya sungguh luar biasa, kita sangat menikmati setiap permainan walaupun dari SMP Negeri 3 Long Hubung jumlah muridnya lebih sedikit dari SMP Negeri 2 Long Hubung tapi antusias untuk bermain itu sangat tinggi,” kata Kepala Sekolah yang akrab dipanggil Wiwik kepada media ini.


    Contohnya, lanjut Wiwik, yang main catur itu yang main bulu tangkis dan itu juga yang main futsal.


    “Sangat luar biasa dan antusias begitu juga siswa-siswi SMP Negeri 2 Long Hubung beserta bapak dan ibu gurunya,” tambahnya.


    “Pesannya, semoga kegiatan seperti ini terus berjalan dan berlanjut agar kita tetap semangat terus mengembangkan potensi dari peserta didik kita baik dibidang olahraga maupun akademik,” tandasnya.


    Selain itu juga, Ketua OSIS SMP Negeri 2 Long Hubung, Febiani Irim menyampaikan pesan dan kesannya terhadap kegiatan kunjungan persahabatan ini.


    Febiani Irim, Ketua OSIS SMP Negeri 2 Long Hubung saat diwawancarai oleh Media ini saat acara kunjungan persahabatan dari SMP Negeri 3 Long Hubung, Kamis (23/02/2023). Foto: Dokumen Istimewa

    “Kesannya sungguh luar biasa dan juga teman-teman dari Matalibaq sangat ramai datang dan disini kami menyambut mereka dengan baik dan pesannya, kami akan datang ketempat kalian lagi (Matalibaq.Red),” tutup Febiani Irim.


    Sementara itu, Imel, Ketua OSIS SMP Negeri 3 Long Hubung juga menyampaikan pesan dan kesannya. “Pesan saya semoga kami keluarga besar SMP Negeri 3 Long Hubung bisa menjalin hubungan persahabatan lebih erat lagi dengan SMP Negeri 2 Long Hubung, kesan saya, kami SMP Negeri 3 Long Hubung merasa bangga karena banyak Cabor yang kami mainkan hari ini dan harapan saya semoga kedepannya saling ada kunjungan balasan,” tutupnya.


    Imel, Ketua OSIS SMP Negeri 3 Long Hubung saat diwawancarai oleh Media ini saat acara kunjungan persahabatan ke SMP Negeri 2 Long Hubung, Kamis (23/02/2023). Foto: Dokumen Istimewa

    Kunjungan kali ini sangat memberi kesan yang berbeda bagi kedua sekolah, sebelum kegiatan kunjungan ini diakhiri, pembacaan score permainanpun dibacakan oleh MC. (MM/BM)


    Untuk Berita Video akan rilis di chanel youtube resmi Berita Mahulu

    Klik Disini

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Nasional