• Jelajahi

    Copyright © Berita Mahulu - Berita Seputar Kabupaten Mahakam Ulu
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Sponsor

    Luar Biasa! Kabupaten Mahakam Ulu Dapat Mengubah Air Laut Menjadi Air Tawar

    Virdaus Vilkanova Habing
    Rabu, 17 Mei 2023, 20.49.00 WIB Last Updated 2023-05-17T12:57:01Z


     

    Dokumentasi lomba TTG


    Beritamahulu.com, Ujoh Bilang - Berhasil meraih juara 1 (satu) dalam ajang perlombaan teknologi tepat guna tingkat provinsi, seorang putra daerah mengharumkan nama Kabupaten Mahakam Ulu mewakili Provinsi Kalimantan Timur dalam lomba tingkat nasional.


    "Kita mengikuti 3 lomba yang diselenggarakan oleh pemerintah provinsi Kaltim, yaitu inovasi teknologi tepat guna, teknologi tepat guna unggulan, dan posyantek desa berprestasi. kita berhasil meraih juara 1 pada lomba teknologi tepat guna unggulan dan meraih juara 2 lomba posyantek desa berprestasi". Ujar Filza Sigit Pratama, peserta lomba dari Mahakam Ulu, Selasa (16/02/2023).


    Filza juga mengatakan bahwa pada lomba TTG unggulan ia menciptakan alat yang dinamakan Papocop, alat tersebut dapat mengubah air laut menjadi air tawar dengan pemanfaatan sumber energi dari matahari dan berhasil meraih juara 1.


    Lomba tersebut diselenggarakan oleh pemerintah Provinsi Kalimantan Timur setiap tahun, dan ditahun 2023 lomba tersebut diselenggarakan di Bontang pada tanggal 9-13 Mei 2023. Pada kesempatan ini Mahakam Ulu belum bisa memfasilitasi kegiatan lomba, hingga kegiatan tersebut di ikuti secara mandiri oleh 4 orang dari kampung Lutan yaitu Sukarni Jaya (Petinggi Kampung Lutan), Filza Sigit Pratama (Sekdes Lutan), Sandhora dan Lili Suryani (Ibu PKK Lutan).


    "Saya sebenarnya sangat berharap ada perhatian dari pemerintah kabupaten Mahakam Ulu, karena untuk mengikuti kegiatan ini kami masih menggunakan dana pribadi untuk merakit alat dan lain-lain. ada juga sih dana kampung, tapi kan dana kampung sudah ada pembagian tupoksi nya masing-masing, mungkin biaya perjalan kami dari Mahulu ke Bontang bisa pakai operasional dari Pemkam, tapi untuk alat dan kebutuhan kegiatan kan gak mungkin semua pakai dana kampung, apa lagi ini membawa nama Kabupaten dan mendapat reward dan akan mewakili Kaltim ditingkat nasional pada 5-14 Juni 2023 nanti". Ungkap Filza.


    Filza mengatakan bahwa Mahakam Ulu layak dan bisa mengikuti lomba, ia juga yakin bahwa banyak putra-putri daerah yang sangat inovatif dan kreatif yang belum mendapat kesempatan karena kurang perhatian dari Pemerintah Daerah.




    "Harapan saya kedepan nya mari bersama kita bersatu-padu demi kemajuan kabupaten Mahulu, terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Pemda khusus nya DPMK yang telah memberikan rekomendasi untuk kampung Lutan mewakili kabupaten Mahulu. Mari bekerjalah dengan hati penuh keikhlasan, khusus warga kampung Lutan terima kasih atas kepercayaan dan kerjasama nya" Ujar Sukarni selaku Petinggi Lutan, Selasa (16/05/2023).


    Dalam hal ini wakil bupati Mahulu Yohanes Avun memberikan ungkapan pujian sebagai bentuk apresiasi secara pribadi untuk memberi motivasi semangat kapada peserta lomba yang telah mengharumkan nama kabupaten Mahulu, ia juga berharap dengan keberhasilan menjadi juara TTG tingkat provinsi agar tetap fokus memantapkan kemampuan, dengan kesiapan yang matang dan tetap semangat untuk menghadapi kegiatan selanjutnya mewakili provinsi Kaltim ditingkat nasional.


    "Saya yakin peserta TTG dari kampung Lutan ini akan meraih juara 1 tingkat nasional atau minimal juara 3. Semoga semangat dan inovasi peserta dari kampung Lutan ini dapat memotivasi kampung atau kelompok masyarakat yang ada di Mahulu, dan semoga kedepan Pemkab Mahulu dapat lebih memperhatikan dan memfasilitasi serta mendorong upaya-upaya inovasi yang digagas oleh kelompok masyarakat tersebut, saya secara pribadi dan atas nama pemerintah Mahulu menyampaikan Profeciat kepada Petinggi Kampung Lutan, yang telah memfasilitasi inovasi TTG ini hingga meraih juara pertama tingkat Provinsi Kaltim dan mewakili Kaltim di tingkat nasional. Bravo! kampung Lutan" Ungkap Avun bangga, Selasa (16/05/2023). (VVH/BM).

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Nasional