• Jelajahi

    Copyright © Berita Mahulu - Jaringan Koran Elektronik
    Best Viral Premium Blogger Templates

    iklan

    Sponsor

    Wow, Pasar Tani Perdana di Mahulu, Harganya Murah-Murah Loh

    Mikael Milang
    Sabtu, 06 Juni 2020, 17.05.00 WIB Last Updated 2020-07-11T09:22:51Z

    Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Mahakam Ulu, Petrus Ngo saat berada di pasar tani disimpang tiga Tikah di Ujoh Bilang, Sabtu (06/06/2020).

    Beritamahulu.com, Ujoh Bilang – Ditengah pandemik Covid-19 yang saat ini melanda dunia membuat sejumlah Negara maupun daerah mempersiapkan diri untuk meningkatkan ketahanan pangan. Tak pelak, Kabupaten Mahakam Ulu yang saat ini berstatus zona hijaupun mengambil langkah yang sama yakni mempersiapkan diri menghadapi hal terburuk jika sewaktu-waktu mengalami kelangkaan bahan pangan yang disuplai ke daerah.

    Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Saparudin saat menyerahkan bibit kepada petani secara simbolis

    Melalui instruksi Bupati tak lama ini, masyarakat Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) diminta untuk mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan kelangkaan bahan pangan ini dengan menginstuksikan kepada masyarakat untuk menanam padi lebih awal dari biasanya.

    Pasar Tani Perdana Mahulu resmi dibuka hari ini, Sabtu (06/06/2020)

    Saat media ini mengunjungi pembukaan Pasar Tani yang digelar di simpang tiga Tikah, Sabtu (06/06/2020), terlihat para petani yang sekaligus penjual memasarkan dagangannya yaitu, sayur-sayuran hasil tanaman sendiri. Hal ini dilakukan demi mencegahnya kelangkaan stok sayur-sayuran yang disuplai dari Kabupaten Tetangga.

    Aktivitas warga yang sedang membeli sayur-mayur di Pasar Tani Ujoh Bilang

    Dalam sambutannya Bupati Mahakam Ulu, Bonfiasius Belawan Geh yang dibacakan Kepala Dinas Ketahanan pangan dan Pertanian Mahakam Ulu, Saparudin menyampaikan bahwa langkah ini (pasar tani. Red) merupakan langkah kemandirian masyarakat Mahakam Ulu dalam menyediakan bahan pangan sendiri.

    Sayur-sayuran yang dijual dipasar tani simpang tiga Tikah Ujoh Bilang

    “Dengan adanya pasar tani ini, kebutuhan dasar akan pangan dengan harga terjangkau dapat terpenuhi. Saya harapkan akan ada banyak petani-petani lain yang dapat menjual hasil taninya dipasar tani ini. Walaupun jangka waktu pasar tani yang berkala ini, yaitu pada hari sabtu dan rabu, saya harapkan kebutuhan akan pangan masyarakat dapat terpenuhi,” ujar Bupati Boni.

    Warga yang datang berbelanja di pasar tani

    Pasar tani yang hari ini resmi dibuka memiliki keunikan tersendiri yakni harga jual yang lebih murah dari pasar tradisional lainnya lantaran para petani mendapatkan subsidi angkutan dari lokasi perkebunan ke lokasi pasar.

    Pembukaan perdana ini terlihat puluhan warga Kampung Ujoh Bilang dan Long Bagun memadati area pasar guna membeli bahan pangan yang disediakan dipasar tani ini.

    Aktivitas jual beli dipasar tani

    Selain itu juga, Kepala Dinas Pertanian Mahakam Ulu, Saparudin terlihat menyerahkan beberapa bibit tanaman secara simbolis kepada petani yang hadir dalam kegiatan pembukaan pasar tani perdana di Mahakam Ulu ini. (BM/MM).

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Kubar