Bupati Tinjau UNBK di Datah Bilang, Jumadi Bama : Masih Kurang Sarana dan Prasarana

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Bupati Tinjau UNBK di Datah Bilang, Jumadi Bama : Masih Kurang Sarana dan Prasarana

Mikael Milang
Rabu, 24 April 2019
Bupati Mahakam Ulu, Bonifasius Belawan Geh, Meninjau Pelaksanaan UNBK di SMP Negeri 2 Long Hubung, Datah Bilang, Selasa (23/04/2019)

Beritamahulu.com, Datah Bilang - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), serentak selenggarakan diseluruh Indonesia termasuk di Kabupaten Mahakam Ulu yang mulai digelar sejak Senin, (22/04/2019).

Bupati Mahakam Ulu, Bonifasius Belawan Geh mengunjungi SMP Negeri 2 Long Hubung di Kampung Datah Bilang, Selasa (23/04/2019), untuk melihat secara langsung proses berlangsungnya UNBK ini.

Dalam Kunjungan ini, Bupati Boni di dampingi Sekretaris Daerah, Yohanes Avun, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mahulu, Feridiana Hendoq, Kepala SMP Negeri 2 Long Hubung, Jumadi Bama, Kabag Humas dan Protokol Mahulu, Engelbertus Ibrahim dan Para Kasi serta jajaran dari Disdikbud Mahulu.

Bupati Mahakam Ulu, Bonifasius Belawan Geh, foto bersama didepan Gedung SMP Negeri 2 Long Hubung, Selasa (23/04/2019)

Kepala SMP Negeri 2 Long Hubung, Jumadi Bama mengatakan saat diwawancarai oleh Humas dan Beritamahulu.com bahwa dalam melaksanakan UNBK ini terkendala di Sarana dan Prasarana.

“Karena kita ini pemula, apalagi kita memulainya persiapan hanya tiga bulan, setelah itu langsung UNBK, syukur Puji Tuhan ada pelaksanaan Try Out sebelumnya. Jadi kita mengevaluasi dari situ, apa kekurangan kita dari situ akan kita benahi dan pada hari H nya bisa berjalan dengan sukses”, papar Jumadi.

Ia juga sangat mengapresiasikan dukungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mahulu yang begitu intens memonitor dalam prapelaksanaan kegiatan UNBK ini.

Kepala SMP Negeri 2 Long Hubung, Jumadi Bama bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mahakam Ulu, Feridian Hendoq

“Dukungan dan Support Dinas Pendidikan sangat luar biasa, selama ini terbukti selama kegiatan atau persiapan UNBK ini kami tetap dimonitor, bahkan dua kali datang melihat kondisi persiapan kami, lewat itu kami akan membenahi”, ujarnya.

“Dari sarana prasarana, karena disini masih kurang terpaksa kami untuk sementara ini pinjam komputer kesekolah-sekolah yang belum melaksanakan UNBK”, lanjutnya.

Jumadi berharap kedepannya UNBK ini bisa diselenggarakan serentak oleh seluruh sekolah di Kabupaten Mahakam Ulu. Karena menurutnya, UNBK ini sangat mempermudah karena tidak melalui birokrasi yang berbelit-belit dan dapat terlaksana dengan bagus dan mantap.

Apalagi dari pemerintah, lanjut Jumadi, terbukti hari ini Bapak Bupati langsung meninjau pelaksanaan UNBK yang pertama.

“Harapan kami kedepan, kalau bisa sarana dan prasarana itu tiga bulan sebelum ujian itu sudah ada. Dan Proktor sama Teknis itu kalau perlu enam bulan sebelum pelaksanaan itu mereka sudah ditraining”, harapnya.

“Kami berharap bukan disini saja yang di support komputer, tapi sekolah-sekolah lainnya harapannya kedepan menerapkan UNBK bukan UNKP (Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil), kalau UNBK langsung kita ketahui nilai kita dari pusat”, lanjut Jumadi Bama.

Sebelum berkunjung ke SMP Negeri 2 Long Hubung di Datah Bilang, Selasa (23/04/2019), Bupati Bonifasius Belawan Geh, lebih dulu mengunjungi SMP Negeri 1 Long Bagun pada Senin (22/04/2019) hari sebelumnya untuk meninjau pelaksanaan UNBK ini secara langsung.

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) ini, merupakan yang pertama kalinya diselenggarakan di Kabupaten Mahakam Ulu. Dari tingkat Sekolah Menengah Pertama, terdapat dua sekolah yang sudah menerapkan sistem UNBK yakni, SMP Negeri 1 Long Bagun dan SMP Negeri 2 Long Hubung, sementara tingkat Sekolah Menengah Atas, baru SMA Negeri 1 Long Hubung di Datah Bilang. (BM/MM)

loading...