Ingin Mengetahui Rekam Jejak Calon Legislatif, Yuk Kunjungi 6 Situs ini Sebelum Memilih 17 April Mendatang

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Ingin Mengetahui Rekam Jejak Calon Legislatif, Yuk Kunjungi 6 Situs ini Sebelum Memilih 17 April Mendatang

Rabu, 13 Maret 2019
Pemilihan Umum Serentak diselenggarakan pada tanggal 17 April 2019 mendatang, Pemilih diharapkan bijak dalam menentukan pilihannya, kunjungi 6 situs yang di refrensikan KPU Mahakam Ulu untuk melihat rekam jejak para calon legislatif 2019.


Beritamahulu, Ujoh Bilang - Pemilu Serentak yang akan diselenggarakan pada tanggal 17 april 2019 mendatang, menuai kebingungan dikalangan masyarakat. Lantaran banyaknya calon Legislatif baik Calon anggota DPRD Kabupaten Mahakam Ulu yang jumlah calonnya mencapai ratusan orang, Calon DPRD Provinsi, Calon DPD RI, Calon DPR RI. Berbeda dengan Calon Presiden dan Wakil Presiden hanya 2 pasangan calon saja yakni nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'aruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno.

Untuk menghindari coblos instan, KPU Kabupaten Mahakam Ulu menghimbau kepada masyarakat Mahakam Ulu agar lebih matang dalam memilih calon-calon yang ada dalam surat suara, KPU menyarankan agar para pemilih dapat melihat rekam jejak para calon dan juga visi & misi mereka. Sebab, pilihan pemilih ini akan dikonversikan menjadi nama-nama wakil rakyat yang akan menduduki kursi legislatif lima tahun kedepan.

Dalam era digital saat ini, masyarakat tidak perlu bingung ataupun pusing dalam memilih, KPU telah menyediakan beberapa situs refrensi bagi anda untuk melihat rekam jejak para calon, baik itu legislatif maupun Presiden dan Wakil Presiden.

Berikut sistus refrensi rekam jejak para calon:

1. jariungu.com

JariUngu.com dibangun pada 2009. Saat itu, portal ini dibangun sebagai media komunikasi konstituen dengan para anggota legislatif terpilih. Dalam perkembangannya, Jari Ungu menjadi salah satu rujukan bagi pemilih untuk mencari tahu daftar caleg di pemilu 2014 dan 2019.
Ada lebih dari 240 ribu profil caleg di jariungu.com. Melalui fitur “Saring Caleg”, pemilih dimudahkan mencari daftar caleg tidak hanya berdasarkan partai dan daerah pemilihan, tetapi juga keterlibatan dalam kasus korupsi, kesediaan mempublikasikan daftar riwayat hidup, partai pendukung calon presiden tertentu, petahana, atau jender.
2. pintarmemilih.id
Pintarmemilih.id dikembangkan Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem). Dilaunching pada 19 Februari 2019, pintarmemilih.id menyediakan data dan informasi Pemilu 2019 terutama data daerah pemilihan, profil partai, profil calon presiden, profil calon anggota DPR RI, profil calon anggota DPD RI, profil calon anggota DPRD Provinsi, profil calon anggota DPRD Kabupaten/Kota, jadwal, dan tahapan Pemilu 2019.
Pintarmemilih.id hadir dengan tujuan menjadikan pemilih siap menghadapi Pemilu 2019 dengan bekal informasi memadai. Pintarmemilih.id dikelola Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) atas dukungan Google Indonesia.
3. Kenali Caleg
Kantor Berita Radio (KBR) menambahkan fitur pencarian informasi caleg di situs KBR www.kbr.id . Tujuannya adalah untuk menginformasikan profil caleg DPR RI di pemilu 2019.  Tidak hanya itu, melalui fitur baru ini KBR banyak menginformasikan berita-berita seputar pemilu 2019 dan kiat-kiat yang bisa diterapkan pemilih dalam memilih caleg agar tidak kecewa di kemudian hari.
Fitur ini dikembangkan agar pemilih dapat menimbang daftar caleg di daerah pemilihan mereka sebelum menentukan pilihan. Menurut KBR, rekam jejak adalah salah satu hal yang mesti menjadi pertimbangan pemilih karena sudah banyak yang kecewa karena ketika sudah memperoleh kursi mereka tak lagi peduli kepada pemilihnya.
4. iklancapres.id
Iklancapres.id dikembangkan oleh Yayasan Satu Dunia pada 2017. Berangkat dari persoalan di mana kejujuran pelaporan dana kampanye kerap diragukan kejujurannya, situs ini menayangkan data belanja iklan setiap calon presiden dan calon wakil presiden peserta Pemilihan Presiden 2019. Media Iklan yang dipantau adalah televisi,  dan media cetak (koran) di 3 kota, yaitu DKI Jakarta, Makassar, dan Banjarmasin.
Tujuan utama situs ini adalah untuk membantu upaya-upaya analisis, kritik, dan pemantauan terhadap perilaku beriklan para capres, dalam hal ini terutama melalui pengamatan terhadap belanja iklan capres di media massa.
5. rekamjejak.net
Rekam Jejak dilaunching Indonesia Corruption Watch (ICW) pada 24 Februari 2019. Melalui situs rekamjejak.net, ICW ingin menyediakan dan menghimpun informasi mengenai politik, bisnis, dan jejak kasus anggota DPR RI 2014-2019. Informasi tersebut disediakan dengan memanfaatkan keterbukaan informasi mengenai riwayat hidup, Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), putusan kasus korupsi, akte perusahaan, informasi pengadaan barang dan jasa, dan berita-berita seputar anggota DPR atau kasus korupsi.
Pada pemilu 2019 ini, Rekam Jejak dapat digunakan pemilih untuk melihat rekam jejak calon anggota legislatif DPR RI petahana, khususnya mengenai isu korupsi. Misalnya, apa pendapat anggota DPR mengenai upaya pemberantasan korupsi, wacana revisi UU KPK, hingga dugaan keterlibatan kasus korupsi. Tidak hanya itu, publik juga dapat menambahkan informasi yang relevan untuk kemudian ICW verifikasi dan publikasikan.
6. wikidpr.org
Wiki DPR dibentuk pada 2014. Situs ini adalah bentuk inisiatif warga yang merespons kerja anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Tujuan pembentukan situs ini yaitu agar warga dapat mengetahui dan mencermati kinerja wakilnya di Senayan. Bahkan, pembaca dapat melihat keaktifan atau kontribusi anggota dewan dalam ruang-ruang sidang.
Untuk menyajikan informasi yang mendalam mengenai kinerja anggota DPR 2014-2019, Wiki DPR relawan Wiki DPR melakukan reportase lapangan dengan mengikuti sidang-sidang pembahasan suatu UU atau kebijakan. Wiki DPR kemudian menuliskan hasil pengamatan dan rekaman sidang untuk kemudian dipublikasikan di wikiDPR.org.
Demikianlah 6 situs refrensi untuk para memilih untuk melihat rekam jejak para calon legislatif yang saat ini mencalonkan diri. (BM)
Sumber : KPU Kabupaten Mahakam Ulu
loading...