• Jelajahi

    Copyright © Berita Mahulu - Jaringan Koran Elektronik
    Best Viral Premium Blogger Templates

    iklan

    Sponsor

    Hore!!! Long Lunuk Sudah Bisa Internetan, Masyarakat Merasa Senang Adanya Layanan 4G

    Mikael Milang
    Kamis, 20 Agustus 2020, 20.49.00 WIB Last Updated 2020-08-20T12:52:17Z

    Ilustrasi Tower Indosat

    Beritamahulu.com, Ujoh Bilang
    - Warga Kampung Long Lunuk dikabarkan telah menikmati layanan internet 4G dari salah satu provider seluler. Terlihat ramai menjadi perbincangan hangat dimedia sosial terkait jaringan 4G yang selama ini diidam-idamkan masyarakat kampung yang berada didaerah perbatasan Malaysia ini.


    Petinggi Kampung Long Lunuk Baru, Hendrikus Juk, mengatakan bahwa jaringan internet ini sangat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat.

    "Sangat membantu sekali bahkan tadi siang saya sampaikan kepada Teknisinya agar kapasitasnya bisa ditambahkan karena jumlah penduduk Long Lunuk Baru dan Long Lunuk Lama sudah banyak," ujar Juk, Rabu (19/08/2020).

    Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Mahakam Ulu, Nasution Hibau Jaang, melalui Kepala Bidang (Kabid) Infrastruktur Teknologi  Informasi dan Telematika, Evodius Awang, menyampaikan, bahwa program Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu bekerjasama dengan Kementerian Kominfo bersama para operator seluler konsisten untuk memberikan layanan telekomunikasi terbaik bagi masyarakat Mahakam Ulu.


    Kabid Infrastruktur Teknologi Informasi dan Telematika, Diskominfo Mahulu, Evodius Aawang (Dok. Pribadi)

    "Salah satu program pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu dalam  upaya membangun Mahakam Ulu dari Kecamatan Long Hubung sampai dengan Long Apari dengan memperkuat daerah dan kampung-kampung di Kabupaten Mahulu dengan membangun jaringan telekomunikasi yang memadai agar masyarakat tidak lagi terbelakang dalam mendapatkan informasi," ujar Evodius Awang.

    Salah satu bentuk dukungan pemkab Mahulu, lanjutnya,  yaitu dengan melakukan pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan akses internet serta koordinasi yang kuat dengan beberapa pihak seperti Kementerian Kominfo dan penyedia layanan telekomunikasi untuk pengamanan jaringan pada agenda Digitalisasi Kabupaten Mahakam Ulu ke depannya.

    Sebelumnya Evodius Awang membeberkan bahwa jaringan 2G di Kabupaten Mahakam Ulu akan di upgrade menjadi 4G.

    "Dan dalam waktu dekat ini akan dilakukan survey untuk pembangunan BTS 4G dari Kecamatan Long Hubung sampai dengan Kecamatan Long Apari, rencana ada 12 titik yang akan dibangun baru lagi untuk BTS 4G," imbuhnya.

    Sebenarnya upgrade seyogyanya, lanjut Awang, dilaksanakan bulan pebruari 2020, namun karena kondisi sekarang covid maka kegiatan untuk pengupgrade kapasitas 4G dilakukan secara bertahap. Untuk Long Lunuk rencananya akan kami tambah/bangun tower triangle untuk mengcover kawasan bandara Datah Dawai namun sekarang masih dalam proses planning dulu.

    "Rencana tahun depan pak, karena proses pembangunan tower itu perlu melibatkan operator seluler yang berminat menginvestasikan BTSnya di lokasi/site tersebut karena perlu dilakukan survey terlebih dahulu, baru masuk dalam proses plan dengan melibatkan operator seluler," tandasnya.

    Wakil Ketua 1 DPRD Mahakam Ulu, Tiopilus Hanyeq saat dihubungi melalui telepon seluler mengatakan bahwa dirinya merasa senang bahwa Long Lunuk Baru dan Long Lunuk Lama sudah mendapatkan layanan 4G.


    Wakil Ketua 1 DPRD Mahakam Ulu, Tiopilus Hanyeq (Dok. Pribadi)

    "Kami sebagai warga Long Lunuk tentu merasa senang dan bahagia karena jaringan Indosat di Long Lunuk dan long Lunuk Baru sudah 4G, mengingat selama ini hanya bergantung dengan wifi yg ada di kantor Petinggi, Sekolah dan Rumah Sakit saja," tuturnya, Kamis (20/08/2020).


    Dengan 4G maka akan memudahkan komunikasi jadi murah dan mudah, hanya perlu digunakan kemajuan teknologi ini dengan bijak.

    Politisi Partai PDI Perjuangan Mahakam Ulu ini juga berharap dengan hadirnya layanan 4G ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan pergerakan dan pertumbuhan perekonomian yang meningkat.

    Untuk diketahui, jaringan telekomunikasi berbasis internet 4G saat ini sudah bisa diakses didaerah Kampung Long Lunuk dengan provider seluler Indosat. kendatipun jaringan ini masih dalam tahap proses upgrade dan penyempurnaan, masyarakat Long Lunuk merasakan dampak positifnya dari adanya layanan ini. (BM/MM)
    Komentar

    Tampilkan

    Berita Kubar