Dapat Dana Segar 100 Juta, BUMK Wanapariq Siap Produksi Tahu

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Dapat Dana Segar 100 Juta, BUMK Wanapariq Siap Produksi Tahu

Mikael Milang
Kamis, 11 April 2019
Penyerahan Dana BUMK oleh Bendahara Kampung Wanapariq, Suyatmi kepada Ketua BUMK, Intoko disaksikan oleh Petinggi Kampung Wanapariq, Suprayitno, digedung BPU Kampung Wanapariq, Minggu (31/03/2019)

Beritamahulu.com, Wanapariq - Penyerahan dana BUMK sebesar Rp 100 juta oleh Bendahara Kampung Wanapariq, Kecamatan Long Hubung, Kabupaten Mahakam Ulu-Kaltim, di gedung BPU Kampung Wanapariq, Minggu (31/03/2019).

Dalam acara penyerahan yang disaksikan oleh masyarakat Kampung Wanapariq beserta pengurus BUMK, hadir Petinggi Kampung Wanapariq Suprayitno, Ketua BPK, Lud Ding dan Ketua BUMK Wanapariq, Intoko.

Suprayitno dalam sambutannya menegaskan, agar pengurus BUMK harus lebih serius dalam mengelola BUMK. Mengingat mendirikan atau menjalan BUMK ini menggunakan uang negara yang harus dipertanggung jawabkan oleh pengurusnya.

Petinggi Kampung Wanapariq Menyampaikan Sambutan dan arahannya dalam acara penyerahan dana BUMK di gedung BPU Kampung Wanapariq, Minggu (31/03/2019)

“Jadi tolong dicamkan, ini tidak main-main karena dana yang masuk ke kampung resikonya besar”, tegas Suprayitno.

Suprayitno menilai BUMK ini cukup jalan, cuman kurang begitu aktif. Ia meminta kepada Ketua BUMK untuk menindaklanjuti anggota-anggota yang terlibat agar lebih aktif lagi.

“Saya meminta kepada Ketua BUMK untuk menindaklanjuti. Secara tegas saya sampaikan, kalau memang sanggup, sanggup, kalau tidak ya tidak”, tegasnya.

“Karena ini beresiko tinggi karena menyangkut dengan uang. Jangan sampai beberapa orang yang kerja, beberapa orang hanya menonton”, lanjut Mantan Ketua BPK Wanapariq ini.

Ketua BPK Kampung Wanapariq, Lud Ding menyampaikan sambutannya

Ditempat yang sama, Ketua BPK Wanapariq, Lud Ding dalam sambutannya, ia memaparkan pengertian BUMK beserta dasar hukum BUMK.

“Saya ingin menyampaikan disini, apa itu BUMK atau BUMDES, kalau ditempat lain saya tidak tau namanya. Yang jelasnya, BUMK adalah Badan Usaha Milik Kampung”, paparnya.

Ia menambahkan, dengan adanya BUMK ini dapat meningkatkan perekonomian kampung dan menambahkan pendapatan kampung serta mengoptimalkan aset desa untuk kesejahteraan kampung.

Selanjutnya, Bendahara Kampung Wanapariq, Suyatmi sebelum menyerahkan dana BUMK yang telah dibukukan dalam buku rekening Bank, menjelaskan sejumlah dana yang telah dikeluarkan untuk menjalankan BUMK serta membeberkan  prosedur untuk membuka rekening BUMK sebelumnya.

“Seharusnya dana BUMK ini diserahkan pada Desember tahun lalu, karena BUMK harus memiliki rekening sendiri sehingga dalam pengurusan rekening ini, dibutuhkan persyaratan NPWP para pengurus agar bisa membuka rekening BUMK”, jelas Istri Petinggi ini.

Suyatmi menambahkan, syarat penyerahan dana BUMK itu, BUMK harus memilik rekening dan dananya dimasukan kedalam rekening baru diserahkan kepada pengurus BUMK itu sendiri.

Iapun berharap, dengan adanya dana BUMK ini, para pengurus BUMK dapat menjalankan usaha milik kampung ini dengan baik dan bisa sukses.

Penyerahan dana BUMK Wanapariq Oleh Bendahara Kampung Wanapariq kepada Ketua BUMK, Intoko digedung BPU Kmapung Wanapariq, Minggu (31/03/2019)

Setelah membeberkan panjang lebar kepada masyarakat yang hadir menyaksikan, Suyatmi menyerahkan dana yang telah dibukukan dalam rekening salah satu bank kepada Ketua BUMK, Intoko, disaksikan oleh Petinggi.

Perlu diketahui, Kampung Wanapariq merupakan salah satu kampung yang berada dalam teritorial Kecamatan Long Hubung, Kabupaten Mahakam Ulu. Kampung ini memiliki jumlah penduduk kurang lebih 100 jiwa, dengan jumlah KK sekitar 30an KK.

Meski Kampung ini berada didalam anak sungai Pariq dan melewati Kampung Matalibaq, Kampung Wanapariq cukup signifikan dalam pembangunnya, hal ini tidak terlepas dari program Pemerintah Pusat yakni Program Dana Desa yang ditransferkan melalui Kabupaten/Kota kepada Desa-desa untuk dikelola dalam membangun Desa tersebut.

Sehingga pembangunan, kesejahteraan dan keadilan sosial terjadi dimasyarakat pedalaman khususnya Kampung Wanapariq ini.

Kampung Wanapariq kini telah memiliki penggilingan tahu yang siap produksi dan dipasarkan produknya kepada masyarakat Mahakam Ulu khususnya.

Nah, bagi anda yang ingin memesan Tahu dengan harga yang cukup terjangkau, anda bisa datang atau memesan tahu produksi BUMK Kampung Wanapariq.(BM/MM).

loading...