Hadir 250 Peserta, Datah Bilang Jadi Tuan Rumah Perkemahan Pramuka Penggalang

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Hadir 250 Peserta, Datah Bilang Jadi Tuan Rumah Perkemahan Pramuka Penggalang

Mikael Milang
Minggu, 10 Maret 2019
Perkemahan Pramuka Penggalang yang diselenggarakan di Gugus Depan Jenderal Sudirman & Cut Nyak Dien, Pangkalan SMP Negeri 2 Long Hubung, Tanggal 07 s/d 09 Maret 2019


Beritamahulu.com, Datah Bilang - Kwartir Cabang Kecamatan Long Hubung, melalui Gugus Depan (Gudep) Jenderal Sudirman dan Cut Nyak Dien, Datah Bilang, menyelenggarakan Kegiatan Perkemahan Pramuka Penggalang di Pangkalan SMP Negeri 2 Long Hubung, dari tanggal 7 s/d 9 Maret 2019.

Adapun Peserta Pramuka yang hadir dalam kegiatan ini yakni, Siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama Se-Kecamatan Long Hubung, terkecuali SMP Negeri 4 Long Hubung, Memahak Teboq yang tidak hadir dalam kegiatan ini.

Mabigus SMP Negeri 2 Long Hubung & Pelatih Pembina Kwaran Long Hubung/Foto istimewa oleh www.beritamahulu.com

Mabigus SMP Negeri 2 Long Hubung dan Pelatih Pembina Kwaran Kecamatan Long Hubung, Jumadi Bama mengatakan bahwa kegiatan ini digagas oleh seluruh Pembina Pramuka yang ada di Kabupaten Mahakam Ulu khususnya SMP Negeri 2 Long Hubung, yakni Gugus Depan (Gudep) Jenderal Sudirman dan Cut Nyak Dien Datah Bilang. Ia menambahkan, Kegiatan Perkemahan Pramuka Penggalang ini bertemakan “PINTAR”.

Para Pembina Pramuka Kabupaten Mahakam Ulu/Foto Istimewa www.beritamahulu.com

“Sesuai dengan tema kita untuk kegiatan Perkemahan Pramuka Penggalang di Kwartir Ranting Long Hubung untuk tahun ini yaitu, PINTAR”, ucap Jumadi saat disambangi BeritaMahulu.com di ruang kerja Kepala SMP Negeri 2 Long Hubung, Sabtu (09/03/2019).

“Artinya, Produktif, Inovatif, Nyata, Terampil, Aktif dan Rekreatif”, lanjutnya.

Peserta Pramuka yang hadir dalam kegiatan yang digelar selama 3 hari ini, sebanyak 250an orang, adapun regu yang di kirim oleh Gugus Depan masing-masing yaitu, SMP Negeri 1 Long Hubung sebanyak 4 regu, SMP Negeri 2 Long Hubung sebanyak 15 regu, SMP Negeri 3 Long Hubung sebanyak 2 regu dan SMP Matan Daau Murip sebanyak 3 regu.

Tampak tenda-tenda dari semua regu dari masing-masing Gugus Depan didirikan beragam, ada yang menggunakan terpal dan ada juga yang menggunakan tenda khusus pramuka.

Jumadi Mengatakan, setiap kegiatan kepramukaan yang diadakan oleh Gugus Depan merupakan kegiatan mandiri, artinya kegiatan itu di biayai oleh Sekolah yang mengadakan kegiatan kepramukaan itu sendiri.

“Setiap kegiatan kepramukaan yang diadakan oleh Gugus Depan, akan didanai oleh Mabigus (Majelis Bimbingan Gugus Depan), ucap pria yang akrab disapa Kak Jum ini.

“Untuk ditingkat Kwaran (Kwartir Ranting) didanai oleh Mabiran (Majelis Bimbingan Ranting) yaitu dalam hal ini adalah Camat, sementara ditingkat Kabupaten, didanai oleh Mabicab (Majelis Bimbingan Cabang) yaitu Bupati”, lanjutnya.

Secara terpisah, Ketua Kwarcab Kabupaten Mahakam Ulu Benediktus Wisdiadi mengatakan bahwa anggaran Pramuka seharusnya ada dalam APBD Kabupaten Mahakam Ulu, lantaran defisit anggaran, sehingga anggarannya belum tersedia.

Ketua Kwarcab Kabupaten Mahakam Ulu, Benediktus Wisdiadi, saat berada di Perkemahan Pramuka Penggalang di Datah Bilang, Sabtu (09/03/2019)/Foto Istimewa www.beritamahulu.com

Ia berharap agar ada dana khusus kepramukaan ini, karena menurutnya kegiatan Pramuka merupakan kegiatan yang sangat penting untuk membentuk karakter para Peserta melalui Metode kepramukaan.

“Itu sangat penting, itu untuk pembentukan karakter anak bangsa, kalau tidak ada kegiatan ini, mau jadi apa anak-anak Mahakam Ulu ini”, tegas Wisdiadi.

“Dana khusus gak ada, ini swadaya, ini saja kita bantu juga yang begini”, ucapnya.

Ketua Kwarcab Kabupaten Mahakam Ulu yang akrab dipanggil Kak Adi ini, menuturkan, anggaran dalam tahun ini yang ada dalam anggaran Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) untuk Pramuka hanya satu saja yakni kegiatan Raimuna Cabang yang akan diadakan dalam waktu dekat ini, jumlahnyapun tidak banyak.

Sebelum meninggalkan Bumi Perkemahan lantaran harus kembali ke Kabupaten Mahakam Ulu,  Adi menyempatkan diri bersalaman dengan para Pembina dan juga Penegak yang masih bertahan, sembari menyanyikan lagu “Kemesraan”.

Sebelum meninggalkan Perkemahan, Kak Adi, Kak Jum dan juga Kakak2 Pembina yang lainnya bernyanyi bersama/Foto Istimewa www.beritamahulu.com

Perkemahan Pramuka Penggalang yang diadakan tahun ini, tidak jauh berbeda dari KMD yang diselenggarakan tahun lalu di Long Melaham, hanya saja lokasi Penjelajahan yang berbeda, yakni banyaknya sungai-sungai yang dijumpai oleh para Penggalang saat menjelajah di lokasi yang disediakan panitia di Datah Bilang.

Perjalanan ke Lokasi Penjelajahan/Foto oleh Paulus Jemi Fouresa

Perjalanan ke Lokasi Penjelajahan/Foto oleh Paulus Jemi Fouresa

Perjalanan ke Lokasi Penjelajahan/Foto oleh Paulus Jemi Fouresa

Perjalanan ke Lokasi Penjelajahan/Foto oleh Paulus Jemi Fouresa

Perjalanan ke Lokasi Penjelajahan/Foto oleh Paulus Jemi Fouresa

“Di Datah Bilang, enak”, Ujar salah seorang peserta Pramuka, “Kalau penjelajahan di Long Melaham, kami tidak ketemu sungai, kalau disini sering ketemu sungai”, lanjutnya.

Sebelum pembubaran kegiatan ini, Panitia mengisyaratkan kepada seluruh Peserta untuk mengambil barisan upacara penurunan bendera, disertai pembacaan regu berprestasi didalam kegiatan ini.

Penyerahan Piala Penghargaan oleh Jumadi Bama didepan Tribun Pramuka, Sabtu (09/03/2019)/Foto istimewa www.beritamahulu.com

Selesai dibubarkan, seluruh Peserta mulai berkemas serta membongkar tenda-tenda dan bersiap-siap untuk kembali ke Gugus Depan masing-masing. (BM/MM)

Untuk melihat Foto-foto kegiatan Perkemahan Pramuka Penggalang di Gugus Depan (Gudep) Jenderal Sudirman dan Cut Nyak Dien, Pangkalan SMP Negeri 2 Long Hubung, Datah Bilang, silahkan klik tombol dibawah ini...


loading...