Penasaran Dengan Hudoq Kawit Matalibaq, Bupati Mahakam Ulu Hadir Menyaksikan

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Penasaran Dengan Hudoq Kawit Matalibaq, Bupati Mahakam Ulu Hadir Menyaksikan

Mikael Milang
Sabtu, 16 Februari 2019
Bupati Mahakam Ulu, Bonifasius Geh, Beserta Ny. Yovita Bulan Menyaksikan Hudoq Kawit Kampung Matalibaq/Foto Oleh Mikael Milang

Beritamahulu.com, Matalibaq - Bupati Kabupaten Mahakam Ulu, Bupati Bonifasius Geh menghadiri acara Hudoq Kawit Laliiq Pakaan di Kampung Matalibaq, Kecamatan Long Hubung, Kabupaten Mahakam Ulu, Jumat (15/02/2019).


Acara Hudoq Kawit Laliiq Pakaan ini diadakan setiap tahun sebelum panen padi, berbeda dengan adat istiadat dari kampung lain yang menyelenggarakan Hudoq Kawit pada saat tanam padi.

Dalam sambutannya, Boni mengatakan bahwa Ia merasa bangga dan terkesan dengan upacara tarian Hudoq yang diselenggarakan saat ini, karena Tarian Hudoq di Kampung Matalibaq ini berbeda dengan Kampung Lain.

“Sebagai seorang anak keturunan suku Dayak, saya merasa bangga dan terkesan dengan upacara tarian Hudoq yang diselenggarakan saat ini (Hudoq Kawit Laliiq Pakaan Kampung Matalibaq.Red) karena mengandung perbedaan, pada umumnya upacara hudoq dilakukan pada saat menyambut pada masanya tanam padi atau masa nugal, tetapi dikampung Matalibaq ini tradisi upacara Hudoq justru memasuki masa panen padi”, Ungkapnya.

“Selain itu pula kostum-kostum yang digunakan cukup unik dan beragam, untuk itu kita wajib mengapresiasi dan bangga dengan keberagaman tersebut”, lanjutnya.


Hudoq Kawit Laliiq Pakaan Uma Telivaq/Foto oleh Mikael Milang

Mantan Wakil Ketua DPRD Kubar ini mengatakan bahwa Kabupaten Mahakam Ulu juga memiliki kekayaan budaya yang sangat beragam serta menggugah kita untuk sadar sesungguhnya kita terbentuk dari sekumpulan budaya yang beragam jenisnya.

Dalam pidatonya, Boni menyampaikan beberapa program Pemerintah yakni salah satunya adalah Pemerintah melalui Dinas Pertanian akan menerapkan program swasembada pangan, dengan membentuk kelompok tani dan meningkatkan pengelolaan sumber daya alam Kabupaten Mahakam Ulu, agar kebutuhan pangan masyarakat Kabupaten Mahakam Ulu terpenuhi.

Usai menyampaikan sambutan, Boni menyerahkan bantuan dana penyelenggaraan acara hudoq kawit ini senilai Rp. 5 Juta dan diterima oleh Petinggi Kampung Matalibaq.

Dalam upacara ini juga, Petinggi kampung Matalibaq, Isodorus Huvang Paran menyampaikan sambutannya yang diawali dengan pantun sehingga mengundang tawa dan tepuk tangan masyarakat yang hadir dalam Lamin Adat atau Amin Ayaq.


Petinggi kampung Matalibaq, Huvang Paran Menyampaikan Sambutan/Foto oleh Mikael Milang

Momen ini "dimanfaatkan" Huvang Paran yang Akrab dipanggil Sulaiman, untuk menyampaikan keberhasilan pembangunan yang ada dikampung Matalibaq berkat Bantuan Keuangan (Bankeu) yang digelontorkan dari dana APBD Kabupaten Mahakam Ulu, yakni pembangunan air bersih yang sumber airnya berasal dari waduk atau danau yang berlokasi dibelakang Kampung Matalibaq seluas kurang lebih 1 hektar.

Selain air bersih, Huvang Paran juga menyampaikan bahwa ia menyediakan 268 buah tandon berkapasitas 1000 liter untuk 268 rumah yang ada dikampung Matalibaq. Huvang Paran menyampaikan bahwa anggaran yang dikeluarkan untuk mebangun wadah penampungan air bersih dengan mesin yang bertenaga solar shell telah menyedot dana sebesar Rp. 301 juta.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Huvang Paran meminta kepada Bupati agar dapat membantu untuk pembangunan jembatan penyeberangan yang bisa dilintasi sepeda motor, agar masyarakat tidak susah untuk menyeberang, tutupnya.


Foto Bersama Petinggi Kampung Matalibaq, Huvang Paran dan Bupati Mahakam Ulu, Bonifasius Geh

Kedatangan Bupati di Kampung Matalibaq di dampingi oleh Ketua Penggerak PKK Yovita Bulan, Kadis DMPK, Lawing Nilas, Kadis Trantib Bumas, Lorensius Paran, Kabag Humas dan Protokol, Engelbertus Ibrahim dan Asisten II, E. Tekhen Yohanes.
loading...