Dalam Waktu Dekat Warga Matalibaq Akan Menikmati Air Bersih

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Dalam Waktu Dekat Warga Matalibaq Akan Menikmati Air Bersih

Mikael Milang
Sabtu, 16 Februari 2019
Waduk/Danau Hungaai Lirung belakang Kampung Matalibaq/Foto Oleh Mikael Milang

Beritamahulu.com, Matalibaq - Pemerintah Kampung Matalibaq sedang mempercepat pembangunan air bersih yang nantinya akan dialirkan ke setiap rumah-rumah warga dalam waktu dekat ini. Petinggi Kampung Matalibaq, Huvang Paran, dalam sambutannya diupacara Hudoq Kawit Laliiq Pakaan yang didhadiri oleh Bupati dan rombongannya, Jumat (15/02/2019), mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu  yakni Bupati Boni yang turut serta membantu terlaksananya program ini dengan adanya bantuan keuangan (Bankeu) dari APBD Kabupaten Mahakam Ulu  untuk membangun sarana air bersih ini.

Waduk/Danau tempat air bersih/ Foto Mikael Milang

Saat disambangi oleh beritamahulu.com dikediamannya, Huvang Paran menjelaskan Program ini telah menyedot anggaran sebesar  Rp. 301,7 juta dan untuk pengadaan tandon sebanyak 268 buah menghabiskan dana sebesar Rp. 402 juta sehingga total dana yang terserap dari APBK sebesar Rp. 703,7 juta.

“Sungai ini ngalir, karena kita yakin mata air, nama sungai ini Sungai Lirung”, Jelasnya,  Untuk 2 sampai 3 bulan saja tidak akan habis airnya, Sementara untuk pemasangan pipa itu sendiri, merupakan swadaya masyarakat.”, lanjut.

Angkat Pipa Air bersih

Huvang Paran mengatakan bahwa program ini menggunakan mesin yang digerakan oleh tenaga surya dengan jumlah modul sebanyak 40 modul yang akan digunakan, sementara jumlah tandon yang sudah dipasang untuk menampung air dari waduk sebanyak 8 buah dengan kapasitas pertandon 5500 liter, total kapasitas tampungan sebanyak 44.000 liter yang akan siap dialiri ke setiap rumah warga Matalibaq.

Tandon penampungan air bersih 5500 liter/ Foto oleh Mikael Milang

Petinggi  Kampung Matalibaq ini menuturkan bahwa Program ini akan segera selesai dalam waktu satu atau dua bulan kedepan. Menanggapi soal mengundang Bupati, Huvang Paran mangatakan bahwa akan tetap mengundang Bupati  untuk mersemikannya karena air bersih, ujarnya sambil tertawa. (BM)





loading...