• Jelajahi

    Copyright © Berita Mahulu - Berita Seputar Kabupaten Mahakam Ulu
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Sponsor

    SUKSES! Pekan Budaya Daerah Pertama Kali Diselenggarakan Di Kabupaten Mahakam Ulu

    Virdaus Vilkanova Habing
    Selasa, 19 Desember 2023, 23.33.00 WIB Last Updated 2023-12-19T15:33:47Z


    Dokumentasi dari Bahalan Tigang

    Beritamahulu.com, Ujoh Bilang - Pekan kebudayaan adalah program pemerintah pusat melalui kementerian Pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi. Event nasional disebut Pekan Kebudayaan Nasional (PKN), dan event daerah disebut Pekan Kebudayaan Daerah (PKD).


    Mengacu pada UU pemajuan kebudayaan ada 10 obyek pemajuan kebudayaan, dan semua itu sudah ada dalam PKD, diupayakan untuk dipentaskan guna menjaga, merawat dan melestarikan adat budaya dan tradisi khususnya di kabupaten Mahakam Ulu.


    PKD pertama kali diselenggarakan di kabupaten Mahakam Ulu pada tanggal 10 s/d 14 Desember 2023 (5 hari), Event ini dibuka oleh Yohanes Avun sebagai Wakil Bupati Kabupaten Mahakam Ulu, dalam sambutannya Avun mengatakan harapannya PKD juga akan menjadi pendorong bagi para budayawan dan seniman Kabupaten Mahakam Ulu untuk mengembangkan dan memperdalam ilmu seni budaya adat Kabupaten Mahakam Ulu.


    "Melalui even ini, saya juga berharap kita dapat menguatkan pemikiran kita tentang pelestarian, penguatan, dan penerjemahan serta pengembangan nilai-nilai adat dan budaya, Tujuannya agar kekayaan budaya dan adat istiadat Dayak tidak pudar di antara generasi yang akan datang," ungkap Avun dalam sambutannya, Senin (11/12/2023).


    Dokumentasi dari Bahalan Tigang

    Kepala Bidang Kebudayaan Ignasius Rayung sebagai koordinator teknis event PKD menyampaikan kesannya kepada media ini.


    "Saya merasa sangat puas, ini adalah PKD yg pertama kali dilakukan, dengan anggaran yg sangat minim namun dengan hasil yang optimal, bukan hanya dirasakan oleh penyelenggara namun juga sangat terasa dan berkesan bagi peserta, serta segala pemangku kepentingan dalam upaya pemajuan kebudayaan di daerah," ungkap Rayung, Senin (18/12/2023).


    Ia juga mengungkapkan beberapa harapannya yaitu, semoga melalui event ini menjadi dasar untuk melanjutkan event berikutnya, dapat mengembangkan pola konten kreatifitas dan inovatif, menjadi landasan kemajuan dan kebudayaan daerah.


    Disamping itu, Bahalan Tigang selaku direktur program PKD juga mengatakan bahwa ia sangat antusias dalam pelaksanaan PKD tahun 2023 di kabupaten Mahakam Ulu untuk yang pertama kali.


    "Semoga dengan adanya PKD ini, banyak bermunculan budayawan dan seniman yang dulunya tidak ada wadah untuk mengekspresikan karyanya, dalam PKD ini mereka akhirnya bisa menunjukkan karyanya. Kita selaku manajemen pelaksana PKD sangat membutuhkan dukungan baik moril maupun materil dari pemerintah. Karena dengan PKD ini tentu upaya pemajuan obyek kebudayaan pada bidang seni dapat dilestarikan dan dikembangkan," ungkap Bahalan kepada media ini melalui pesan WhatsApp, Senin (18/12/2023). (VVH/BM).

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Nasional