• Jelajahi

    Copyright © Berita Mahulu - Berita Seputar Kabupaten Mahakam Ulu
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Sponsor

    HIMKLA Terbentuk, Membawa Harapan Baru Bagi Mahasiswa Kecamatan Long Apari

    Mikael Milang
    Selasa, 28 November 2023, 13.59.00 WIB Last Updated 2023-11-28T06:16:20Z


    Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Kecamatan Long Apari (HIMKLA), Benediktus Sava. (Dok.Pribadi)

    Beritamahulu.com, Samarinda - Sebuah langkah bersejarah telah terjadi bagi Mahasiswa-mahasiswi dari Kecamatan Long Apari, Mahakam Ulu, Kalimantan Timur, karena telah terbentuknya organisasi Perhimpunan Mahasiswa yakni Himpunan Mahasiswa Kecamatan Long Apari (HIMKLA) pekan lalu, Selasa (12/11/2023). 


    Dalam keterangan pers kepada media ini, ketua terpilih HIMKLA, Benediktus Sava menyampaikan pentingnya keberadaan HIMKLA sebagai suatu himpunan dan wadah bagi seluruh mahasiswa kecamatan Long Apari. Ia juga menyampaikan rasa bangganya karena setelah bertahun-tahun, kecamatan ini akhirnya memiliki himpunan mahasiswa yang aktif.


    "HIMKLA ini merupakan langkah besar bagi mahasiswa kecamatan Long Apari. Selama bertahun-tahun, kita tidak pernah mendengar adanya Perhimpunan Mahasiswa dari kecamatan ini. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk mengembangkan HIMKLA menjadi wadah yang memberikan manfaat dan kesempatan kepada Mahasiswa untuk berkembang secara pribadi dan akademik," ujar Sava, Kamis (23/11/2023).

     

    “Maksud dan tujuan dengan berdirinya HIMKLA ini, agar bisa mempererat persatuan Mahasiswa dari Long Apari dan berproses bersama dalam membangun SDM yang lebih maju, tetapi tidak meninggalkan unsur-unsur budaya yang menjadi akar kehidupan manusia yang bermoral,” tambahnya.

     

    Tujuan dari HIMKLA ini juga, lanjut Sava, untuk mengkoordinir kekuatan intelektual yang lebih terarah untuk memperhatikan isu-isu yang ada dalam masyarakat agar kemudian bisa mengambil bagian dari sosial kontrol, sebagai Mahasiswa yang dimana Mahasiswa merupakan agen perubahan.

     

    “Tentu ini perlu waktu dan kerja keras untuk mencapainya, karena mempersatukan pikiran yang berbeda bukan hal yang gampang secara terapannya,” kata Mahasiswa dari Kecamatan Long Apari ini.

     

    “Harapan saya sebagai ketua umum dan para pendiri HIMKLA mengharapkan HIMKLA menjadi organisasi yang bisa mewadahi semua Mahasiswa dari Kecamatan Long Apari, tidak hanya untuk 2-3 tahun tetapi turun-temurun,” tandasnya.

     

    Selain itu, Wakil Ketua 1 DPRD Mahakam Ulu, Tiopilus Hanye, mengucapkan selamat kepada HIMKLA yang telah terbentuk.


    “Saya secara pribadi dan kelembagaan mengucapkan selamat dan sukses atas terbentuknya HIMKLA sebagai wadah perkumpulan mahasiswa dari kecamatan Long Apari yang sudah lama di nanti nantikan keberadaannya,” kata Hanye, Senin (27/11/2023).

     

    Mahasiswa sebagai salah satu agen perubahan, lanjutnya, tentu menaruh harapan besar terhadap HIMKLA, sebagai kontrol sosial, menyuarakan aspirasi dari perbatasan, untuk lebih diperhatikan lagi oleh Pemerintah, baik pemerintah Kabupaten, Provinsi dan pusat, pembangunan infrastruktur, maupun peningkatan SDMnya.

     

    Hanye juga mengatakan bahwa HIMKLA bisa menjadi wadah bagi Mahasiswa-mahasiswi dari Kecamatan Long Apari untuk belajar berorganisasi.

     

    “Organisasi ini menjadi wadah pembelajaran bagi Mahasiswa-mahasiswi dari Kecamatan Long Apari untuk belajar berorganisasi, karena kelak Mahasiswa inilah yang akan menjadi pemimpin dimasa depan,” imbuhnya.

     

    “Harapan kepada Pemerintah supaya bisa memperhatikan Mahasiswa dari perbatasan misalnya dengan memberikan akses beasiswa, akses afirmasi untuk kuliah kedinasan seperti di STAN, IPDN, AKPOL, AKMIL, dan sekolah kedinasan lainnya,” tutupnya.


    Atas keinginan yang kuat dari Mahasiswa-mahasiswi dari Kecamatan Long Apari ini untuk memiliki Perhimpunan, sehingga terbentuklah Himpunan Mahasiswa Kecamatan Long Apari (HIMKLA) dengan Ketua terpilih, Benediktus Sava, Wakil Ketua, Dionnisius Ponyang, Sekretaris, Anna Oktajunita Sudang Belareq dan Bendahara, Yanuarius Taman.


    Hingga saat ini, HIMKLA telah berhasil mendapatkan dukungan dari sebanyak 108 orang anggota yang bergabung. Dalam waktu singkat sejak terbentuknya himpunan ini, antusiasme untuk bergabung di HIMKLA terlihat jelas sejak berdirinya HIMKLA.(MM/BM)

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Nasional