• Jelajahi

    Copyright © Berita Mahulu - Berita Seputar Kabupaten Mahakam Ulu
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Sponsor

    Ritual Ngaping Umaaq Ujoh Bilang Pada 2 Oktober, Ini Himbauan Lembaga Adat Ujoh Bilang Kepada Masyarakat

    Mikael Milang
    Sabtu, 30 September 2023, 22.56.00 WIB Last Updated 2023-10-01T02:15:23Z


    Ilustrasi (Gambar Tribun)

    Beritamahulu.com, Ujoh Bilang – Ritual Ngaping Umaaq yaitu Ritual Adat Pembersihan Dalam Kampung Ujoh Bilang yang telah disepakati diruang rapat Kantor Petinggi Kampung Ujoh Bilang, Jumat (29/09/2023), seluruh Pengurus Lembaga Adat Kampung Ujoh Bilang bersama dengan Pemerintah Kampung Ujoh Bilang serta Tokoh-tokoh masyarakat menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mematuhi aturan ritual adat yang akan disampaikan sebagai berikut.


    Hari Senin Tanggal 02 Oktoberber 2023 dilaksanakan Ritual Adat Ngaping Umaaq atau melas Kampung. Semua sarana persiapan pelaksanaan ritual dipusatkan di Lamin Adat Kampung Ujoh Bilang berkumpul bersama seluruh lapisan masyarakat Ujoh Bilang tanpa terkecuali.


    Waktu pelaksanaan Ngaping Umaaq (Melas Kampung), akan dimulai pada pukul 16:30 sore hingga pukul 18:00 petang yang dimulai dari Sungai Buluu' sampai jalan simpang menuju Batu Dinding (Batoq Tenevang).


    Setelah selesai Ngaping Umaaq  seluruh masyarakat, dihimbaukan agar tidak melakukan aktivitas dalam bentuk kegiatan sebagai berikut:


    Tidak diperkenankan keluar masuk kampung selama tuhing berjalan, baik yang datang dari kampung lain, maupun yang akan berpergian keluar dari kampung selama waktu tuhing masih berjalan.


    Tidak diperkenankan menangkap atau menyembelih binatang hidup seperti ayam, ikan, babi dan sebagainya, yang bersifat masih bernyawa selama waktu tuhing masih berjalan.


    Tidak diperkenankan memetik sayur-sayuran dan buah-buahan yang ada dikebun yang sifatnya untuk dikonsumsi sebagai makanan selama tuhing masih berjalan.


    Waktu tuhing berlaku dari Pukul 18:00 petang hingga pukul 06:00 pagi pada tanggal 03 Oktober 2023, dan masyarakat diperbolehkan untuk beraktvitas seperti biasa.


    Bagi siapa saja dari masyarakat kampung, baik yang dari luar kampung maupun dari kampung Ujoh Bilang terbukti melanggar dari larangan atau pantangan tersebut diatas, maka yang bersangkutan akan diproses secara adat dan diberi sanksi adat, dengan membayar seluruh biaya pelaksanaan ritual Adat Ngaping Umaaq yang telah dilaksanakan, sesuai yang telah ditentukan dalam Kitab Hukum Adat Wilayah Mahakam Ulu


    Demikian pengumuman pemberitahuan serta himbauan ini disampaikan, atas perhatian dan kerjasama seluruh lapisan masyarakat kearah ini, kami ucapkan terima kasih.





    Komentar

    Tampilkan

    Berita Nasional