• Jelajahi

    Copyright © Berita Mahulu - Berita Seputar Kabupaten Mahakam Ulu
    Best Viral Premium Blogger Templates

    iklan

    Sponsor

    Beri Penguatan Pancasila Masyarakat Kaltim, BPIP Bentuk Jejaring Panca Mandala

    Mikael Milang
    Selasa, 04 Oktober 2022, 19.24.00 WIB Last Updated 2022-10-04T11:26:31Z

    Penguatan Pembinaan Ideologi Pancasila, Jejaring Panca Mandala, 04-05 Oktober 2022

    Beritamahulu.com, Samarinda - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar Penguatan Pembinaan Ideologi Pancasila selama 2 hari, sejak tanggal 4 hingga 5 Oktober 2022 di Samarinda. Hal ini bertujuan menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.


    Koordinator Fungsi Humas dan Orsospol, Hartri Sirait mengatakan, –Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) terus berupaya membumikan Pancasila ke seluruh lapisan masyarakat di penjuru negeri. Sejumlah strategi pembinaan ideologi Pancasila semakin masif dilakukan dengan berbagai cara sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2018 tentang Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.

     

    "Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan mendorong terbentuknya Jejaring Panca Mandala (JPM) di berbagai tingkat daerah di Indonesia," ungkap Hartri, Selasa (04/09/2022).


    Ia melanjutkan, "JPM merupakan forum kolaboratif antara 5 unsur, di antaranya, Pemerintah, dunia usaha, akademisi, organisasi masyarakat, dan media massa untuk membantu penyelesaian berbagai isu pembinaan ideologi Pancasila." 


    Selain itu, imbuhnya, JPM dibentuk pada setiap level/wilayah oleh komponen masyarakat yang bersifat suka rela dengan kesamaan tujuan untuk berperan menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Hal ini merupakan wujud kolaborasi antara BPIP dengan seluruh elemen kekuatan bangsa.


    "Hingga saat ini, JPM telah dibentuk di 10 provinsi, di antaranya, Banten, D.I. Yogyakarta, Jawa Tengah, Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, NTT, Sumatera Utara, Sulawesi Utara, dan Jawa Timur. Selain itu, JPM juga sudah terbentuk di 67 Kota/Kabupaten di Indonesia. Pada tahun 2022, BPIP akan membentuk JPM di Provinsi lainnya, di antaranya, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Jawa Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Barat, dan Papua." tambah Hartri.


    "Pada wilayah Kalimantan Timur, pembentukan JPM akan dibarengi dengan penguatan calon pengurus JPM dengan kemampuan penting yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas. Selain itu, para peserta akan dibekali berbagai materi agar memiliki pemahaman Pancasila dari para narasumber. Terdapat 11 JPM di Kalimantan Timur yang akan dibentuk dan dikuatkan, di antaranya JPM Provinsi Kaltim, Kota Samarinda, Kabupaten Berau, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Kutai Timur, Kabupaten Mahakam Ulu, Kabupaten Panajam Paser Utara, Kabupaten Paser, Kota Balikpapan, dan Kota Bontang. "lanjutnya.


    Penguatan pembinaan ideologi Pancasila JPM di Kalimantan Timur akan dilaksanakan selama 2 hari, mulai 4 sampai 5 Oktober 2022 di Kota Samarinda. Pada hari pertama, sejumlah materi yang diberikan, di antaranya, Kelembagaan BPIP oleh Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerja Sama, Elfrida Herawati Siregar, S.P., M.M. Pancasila: Historisitas, Konseptualitas, dan Aktualitas oleh Direktur Pengkajian Materi Pembinaan Ideologi Pancasila, Aris Heru Utomo, S.H., M.B.A., M.Si,  Wawasan Ideologis Pancasila, Dimensi Keyakinan, Pengetahuan, dan Tindakan oleh Direktur Pengkajian Kebijakan Pembinaan Ideologi Pancasila, Dr. Muhammad Sabri, M.Ag. dan Direktur Penyusunan Rekomendasi Kebijakan dan Regulasi, Drs. R. Dian Muhammad Johan Johor Mulyadi, M.H.; Literasi Digital Pancasila melalui TIK oleh Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP, Dr. Antonius Benny Susetyo, Pr. dan Direktur Perencanaan Diklat PIP, Dr. Drs. Yakob KM., M.Si. Selain dibekali materi, para peserta akan digiring membuat Rencana Kerja Tindak Lanjut (RKTL) untuk membuat program pembumian dan pengaktualisasian nilai-nilai Pancasila secara kolektif di tengah masyarakat.


    Setelah penguatan dengan diberikan berbagai materi Pancasila, para pengurus JPM wilayah Kalimantan Timur akan melakukan deklarasi gotong royong membumikan Pancasila di Benua Etam pada 6 Oktober 2022 di Pendopo Odan Etam, Kota Samarinda. Selain itu, akan dibacakan pula RKTL semua anggota JPM dalam membuat program sesuai dengan karakter daerahnya dengan pola pendekatan yang beragam. 


    "Diharapkan, pembentukan dan penguatan JPM di Kalimantan Timur dapat menelurkan aksi dan langkah konkret melalui program pembumian Pancasila sebagai solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi di daerahnya. Ke depan, JPM di Kalimantan Timur dapat terus berkolaborasi bersama BPIP sebagai mitra strategis dalam penguatan ideologi Pancasila dalam tindakan di seluruh wilayah Kalimantan Timur. " pungkasnya. (MM/BM)




    Komentar

    Tampilkan

    Koran Elektronik

    Pemerintah

    +