• Jelajahi

    Copyright © Berita Mahulu - Jaringan Koran Elektronik
    Best Viral Premium Blogger Templates

    iklan

    Sponsor

    Jembatan Sungai Tasaq Hampir Ambruk, Dinas PUPR Mahulu Segera Perbaiki

    Mikael Milang
    Selasa, 24 Maret 2020, 09.23.00 WIB Last Updated 2020-07-11T09:22:51Z

    Jembatan Sungai Tasaq


    Beritamahulu.com, Datah Bilang –
    Jembatan Sungai Tasaq yang menghubungkan kampung Lutan dan Datah Bilang hampir ambruk lantaran tiang penyangganya sudah tidak memadai untuk menahan beban jembatan ulin ini. Tapi, kabar baik datang dari Pemerintah Daerah Mahulu melalui Dinas PUPR bahwa pihaknya akan segera mengambil tindakan untuk menangani masalah ini.

    Kepala Dinas PUPR Mahulu, Yohanes Andy Abeh menyampaikan bahwa pihaknya mencoba usulkan pergeseran anggaran agar jembatan ini segera diperbaiki.

    “Ya kita coba usulkan dipergeseran anggaran sambil menunggu investigasi lapangan oleh teman-teman Bina Marga (BM) mudahan bisa, kalau tidak bisa diupayakan, rehab dulu. Karena kalau bangun baru dianggarkan di APBDP tidak cukup waktu,” jelas Andy Abeh kepada media ini, Senin (23/03/2020).

    Andy menyampaikan bahwa proses pergeseran anggaran dalam bulan maret ini, “kalau disetujui penunjukan langsung (PL), bisa dilaksanakan sekitar bulan april atau bulan mei 2020 ini,” ujarnya.

    Yang saya sampaikan tadi, lanjut Andy, adalah opsi pertama untuk penanganan darurat dan informasi yang saya terima dari staf kalau direhabpun kondisinya tidak bisa bertahan lama karena kondisi pondasi dan daya dukung tanahnya sudah tidak kuat.

    “Sehingga opsi lainnya perlu dibuatkan perencanaan terlebih dahulu didalam tahun ini juga mungkin di APBDP dan eksekusi bangun baru di tahun 2021, dengan harapan penanganan darurat dimaksud bersifat sementara sambil menunggu proses pembangunan jembatan baru,” lanjut Mantan Kepala Badan Pendapatan Daerah Mahulu ini.

    “Dan tentunya akan dikomunikasikan dengan pimpinan terlebih dahulu untuk mendapatkan persetujuan,” tandasnya.

    Selain itu, Petinggi Kampung Datah Bilang Ilir, Ding Suhu menyatakan bahwa pihak Pemerintah Kampung Datah Bilang Ilir berupaya akan mengadakan gotong royong bersama warga guna memperbaiki jembatan tersebut sebagai upaya sementara sambil menunggu tanggapan Pemerintah untuk segera memperbaikinya.

    “Ya ini kami juga berupaya adakan gotong royong juga untuk memperbaiki jembatan itu sementara menunggu dari Pemerintah Mahulu untuk membantu kami. Ya, sifatnya ini untuk menahan sementara saja, karena memang harus di bagun baru,” ujar Ding Suhu.

    Kendatipun demikian adanya solusi dari kedua belah pihak, yakni Dinas PUPR dan Pemerintah Kampung Datah Bilang Ilir memperbaiki jembatan Sungai Tasaq ini, warga berharap yang terbaik agar jembatan ini segera diperbaiki.

    “Gotong royong itukan salah satu upaya saja dari Pemerintah Kampung, ini sifatnya sementara saja menahan beban, kita tetap berharap Pemerintah Daerah bisa membangun jembatan yang permanen,” ujar Martinus warga Datah Bilang Ilir. (MM/BM).

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Kubar