• Jelajahi

    Copyright © Berita Mahulu - Jaringan Koran Elektronik
    Best Viral Premium Blogger Templates

    iklan

    Sponsor

    Mantap, Diskominfo Mahulu Pasang 27 Titik Internet di 27 Instansi Pemerintah Dengan Kecepatan 10 Mbps

    Mikael Milang
    Sabtu, 21 Desember 2019, 19.27.00 WIB Last Updated 2020-07-11T09:22:50Z

    Sedang menggali lubang untuk pemasangan Perangkat Internet di SDN 001 Ujoh Bilang, Kec, Long Bagun

    Beritamahulu.com, Ujoh Bilang – iForte merupakan ISP (Internet Service Provider) yang melayani pemasangan perangkat jaringan dan pelayanan internet dibeberapa instansi Pemerintah di Kabupaten Mahakam Ulu, salah satunya adalah sekolah-sekolah dari SD hingga SMA.

    Surat edaran yang diterbitkan oleh PT. Iforte Global Internet selaku Penyedia Layanan Internet atau ISP (Internet Service Provider) diseluruh instansi-instansi yang ada di Kabupaten Mahakam Ulu, tanggal 27 November 2019, dalam surat yang bernomor : 316/IGI/EXT/BAKTI/AR/XI/2019, memberitahukan bahwa layanan internet di 27 instansi akan diputuskan lantaran kontrak yang sudah berakhir.

    Menyetel perangkat

    Meski banyak yang merasa kecewa dengan dicabutnya perangkat internet ini, Pemerintah Daerah Mahakam Ulu melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Mahakam Ulu tidak habis pikir dalam mencari solusi, terbukti, jaringan barupun berdatangan dan dipasang sejumlah 27 titik tempat dimana 27 titik sebelumnya direlokasi.

    Kepala Dinas Kominfo Mahulu, Nasution Hibau Djaang sebelumnya mengatakan bahwa pihaknya terus memikirkan solusi terbaik terkait hal ini saat disambangi Media ini di Stand Pameran Diskominfo dalam HUT Mahulu, Senin (9/12/2019) lalu.

    Kepala Dinas Kominfo Mahulu, Nasution Hibau Djaang

    Ia mengatakan bahwa dirinya berusaha untuk mempertahankan 27 titik jaringan tersebut tanpa harus direlokasi.

    “Ya, kami berupaya agar perangkat yang sekrang ini tidak direlokasi atau dicabutlah. Tapi, jika memang harus dicabut, kami akan memikirkan solusi yang lain, mungkin pakai Layanan yang lain”, tuturnya saat itu.

    Terbukti, apa yang disampaikan oleh Hibau bukanlah isapan jempol belaka. Perangkat iforte dicabut, perangkat barupun datang. Tak tanggung-tanggung, perangkat yang sebelumnya hanya memiliki kecepatan 2 mega byte per-second (Mbps), kali ini kecepatan mencapai 10 Mbps, lebih cepat dari sebelumnya.

    “Perangkat Akses Internet akan digantikan dari C-Band ke KU-Band, jadi yang dipasang sekarang adalah perangkat KU-Band. Penyedia ISP (Internet Service Provider) ada 3 ISP, yakni, Teleglobal, Lintas Arta dan PSN”, papar Hibau kepada Berita Mahulu, Sabtu (21/12/2019).

    Untuk Long Hubung, Matalibaq, Lutan dan Memahak Teboq, tambahnya, dipasang oleh Teleglobal. Kecepatan dari KU-Band 10 Mbps, sedangkan yang C-Band (seperti iforte), kecepatan hanya 2 mbps.

    Hibau menyampaikan bahwa instalasi atau pemasangan perangkat internet yang baru ini diupayakan selesai dalam akhir bulan desember ini, selambat-lambatnya minggu pertama Januari tahun 2020. (BM/MM)

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Kubar