Speedboat Bersubsidi Ditargetkan Maret Akan Kembali Beroperasi

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Speedboat Bersubsidi Ditargetkan Maret Akan Kembali Beroperasi

Kamis, 14 Februari 2019
Speedboat SOA rute Hulu Riam/Foto oleh Frans Jiu
Beritamahulu.com, Ujoh Bilang - Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu kembali mengadakan Speedboat Bersubsidi untuk masyarakat kurang mampu, Speed Subsidi atau Subsidi Ongkos Angkutan (SOA) diharapkan akan beroperasi segera pada maret mendatang. Dalam keterangannya kepada beritamahulu.com, Kepala Dinas Perhubungan Toni Imang mengatakan jika proses lelang lancar, maret sudah ada kontrak dan dioperasikan.

"Program SOA dilaksanakan melalui pihak ketiga, artinya proses untuk menentukan pihak ketiga melalui mekanisme lelang. Setelah ada pemenang baru ada kontrak dan setelah itu baru SOA boleh dijalankan" jelas Toni Imang melalui pesan Whatsapp, Rabu (13/02/2019)


Toni Imang (Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Mahakam Ulu)/Foto oleh Frans Jiu
Mengingat kontrak SOA tahun 2018 berakhir pada pertengahan Desember tahun lalu, Toni mengatakan akan mengusahakan Program SOA sampai akhir Desember 2019. 

Kuota ret/trip SOA tergantung kesediaan anggaran sementara program ini didanai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Mahakam Ulu tahun 2019. Berbeda dengan tahun lalu anggarannya hanya sebesar 10 Milyar, tahun  ini bertambah menjadi 11 Milyar rupiah.

Secara terpisah, Toni Imang juga menambahkan melalui Kasi Keselamatan Angkutan Jalan dan Sungai, Frans Jiu, bahwa Subsidi murni gratis bagi masyarakat tidak mampu (berdasarkan data dari Dinsos) yang memiliki kartu layanan SOA, pelajar dan juga mahasiswa. Diluar itu Pemerintah memberi subsidi 50% bagi masyarakat umum Mahakam Ulu. 


Frans Jiu (Kasi Keselamtan Jalan dan Sungai)/Foto oleh Frans Jiu
"Untuk rute Speedboat SOA terdiri dari dua rute yakni rute ulu riam dari Long Bagun-Long Pahangai-Tiong Ohang (PP), dan rute hilir riam, dari Ujoh Bilang-Laham-Long Hubung-Tering/Gruti (PP), untuk rute ulu riam menggunakan mesin berkapasitas 200 HP sebanyak 2 unit, sementara hilir riam yang menuju tering hanya menggunakan 1 mesin saja kapasitas 200 HP." Tutupnya
loading...