• Jelajahi

    Copyright © Berita Mahulu - Jaringan Koran Elektronik
    Best Viral Premium Blogger Templates

    iklan

    Sponsor

    Parah!!! SPAM Datah Bilang Dan Lutan Tidak Pernah Dinikmati Warga Selama Bertahun-Tahun

    Kamis, 15 Agustus 2019, 07.09.00 WIB Last Updated 2019-08-14T23:22:14Z

    Beritamahulu.com, Mahakam Ulu - Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kampung Datah Bilang dan Kampung Lutan, Kecamatan Long Hubung, Kabupaten Mahakam Ulu hingga saat ini tidak pernah dinikmati oleh warga semenjak SPAM ini selesai dibangun, Lebih tiga tahun SPAM ini dibiarkan mangkrak tanpa ada kejelasan.

    Kontraktor PT. Risa Binatama yang dikomandoi oleh Anggota DPD Kaltim terpilih dalam Pemilu serentak pada tanggal 17 april lalu, Zainal Arifin mengatakan bahwa Proyek SPAM tersebut sudah selesai dan sudah diserahkan kepada Pemerintah Daerah Mahakam Ulu.

    “Proyek tersebut sudah selesai dan sudah diserahkan kepada Pemkab Mahulu bahkan sudah pernah diaudit oleh BPK”, ujar Zainal Kepada Beritamahulu.com, Kamis (23/05/2019) lalu.

    SPAM yang telah dibangun khususnya di Datah Bilang terdapat mesin dinamo yang dipenuhi lumpur yang disebabkan oleh banjir lantaran air sungai mahakam meluap. Sementara dikampung Lutan, rakit khusus mesin penyedot air SPAM ini telah tak terawat bahkan telah hancur diterjang arus sungai.

    Ada indikasi dugaan pembiaran terhadap Proyek tersebut, padahal jika dioptimalkan SPAM tersebut pastinya dapat dinikmati oleh warga.

    Warga Kampung Datah Bilang, Karnika Hulaelah (34) mengatakan semenjak SPAM tersebut selesai dibangun ia dan warga lainnya tidak pernah menikmati air bersih dari SPAM tersebut.

    “Gak pernah sampai sekarang, pernah mengalir sekali saja kerumah-rumah warga, habis itu tidak pernah lagi. Jadi kami tidak pernah menikmati selama SPAM ini dibangun sampai sekarang”, ujar Karnika, Senin (12/08/2019).

    Selain itu juga, warga Kampung Lutan, Ahariswan (31) mengatakan bahwa iapun tidak pernah menikmati air bersih dari SPAM ini. Ia berharap agar Pemerintah dapat segera mengoperasikan SPAM ini.

    “Kami sebagai masyarakat Kampung Lutan belum pernah menikmati SPAM yang dibangun Pemerintah ini, bisa segera dijalankanl biar kami bisa menikmatinya”, tutupnya.

    Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Mahakam Ulu, Solman mengaku bahwa pihaknya akan mengoptimalisasi SPAM ini saat ditemui Beritamahulu.com, Kamis (23/05/2019) lalu.

    Hingga berita ini diturunkan, belum ada tindak lanjut dari pihak terkait untuk melakukan optimalisai terhadap proyek SPAM Kampung Datah Bilang dan Kampung Lutan ini. (Reporter Beritamahulu, melaporkan).

    Penulis : Mikael Milang
    Editor : Sirilius Hendri Santoso

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Kubar

    Pemerintah

    +