• Jelajahi

    Copyright © Berita Mahulu - Berita Seputar Kabupaten Mahakam Ulu
    Best Viral Premium Blogger Templates

    iklan

    Sponsor

    Inilah Daftar Motor Yang Dilarang Beli Pertalite?

    Benediktus Sava
    Kamis, 07 Juli 2022, 14.23.00 WIB Last Updated 2022-07-07T06:23:37Z

    beritamahulu.com, JakartaPemerintah akan menentukan jenis-jenis kendaraan yang berhak mendapatkan bahan bakar minyak (BBM) subsidi, termasuk Pertalite. Beberapa jenis sepeda motor juga termasuk kendaraan yang dilarang beli Pertalite.

    Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan, saat ini ketentuan kendaraan yang berhak mendapatkan BBM subsidi masih disiapkan Pemerintah. Pemerintah akan melakukan revisi dari Perpres No. 191 Tahun 2014 mengenai kriteria kendaraan yang berhak menggunakan BBM subsidi.

    Namun, dalam pemaparan yang disampaikan Nicke saat Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR RI, ada bocoran ketentuan kendaraan yang berhak mendapatkan Pertalite. Motor-motor 250 cc ke atas dilarang membeli Pertalite.

    "Berdasarkan hasil Rakortas yang dipimpin Menko Ekon, bahwa pembatasan pengguna JBKP (Jenis BBM Khusus Penugasan) Pertalite ditetapkan khusus untuk roda 4 pelat hitam 1.500 cc ke bawah dan roda 2 250 cc ke bawah," tulis pemaparan Nicke yang disampaikan dalam Rapat Dengar Pendapat tersebut.

    Jadi, motor-motor dengan mesin 250 cc ke bawah tetap bisa mengisi Pertalite. Sementara motor 250 cc ke atas dilarang beli Pertalite. Apalagi motor 250 cc ke atas rata-rata memiliki rasio kompresi mesin yang tinggi sehingga tidak cocok jika menggunakan BBM jenis Pertalite.

    Berikut motor-motor yang bakal dilarang beli Pertalite:

    Honda
    Forza 250
    CBR250RR
    CRF250 Rally
    Lini moge Honda

    Yamaha
    XMAX
    TMAX
    MT-25
    R25
    Lini moge Yamaha

    Kawasaki
    Ninja 250SL
    Ninja ZX-25R
    Ninja 250
    Versys-X 250
    KLX250
    Lini moge Kawasaki

    Suzuki
    Gixxer SF 250
    Lini moge Suzuki

    Itu beberapa motor umum di Indonesia yang bakal dilarang membeli Pertalite. Selain motor-motor itu, motor 250 cc ke atas lainnya juga tidak berhak membeli Pertalite. (BS/BM)


    Komentar

    Tampilkan

    Koran Elektronik

    Pemerintah

    +